JUALPAPERBAG.COM Solusi Kemasan Ramah Lingkungan

Beranda » Blog » Membuat Desain Kartu Nama yang Baik

Membuat Desain Kartu Nama yang Baik

Diposting pada 16 January 2018 oleh Hariyanto / Dilihat: 70 kali

Membuat Kartu Nama dengan Desain yang Baik

Membuat Desain Kartu Nama yang Baik – Membuat desain kartu nama merupakan sebuah proses awal dalam pembuatan kartu nama. Proses ini terdiri dari pemilihan materi, penentuan ukuran, penyusunan tata letak (layout) dari semua materi, hingga rancangan bahan baku yang digunakan. Bahan baku yang digunakan ini biasanya akan sangat berpengaruh pada kekuatan, kelenturan, tekstur dan juga daya tahan kartu nama.

Untuk membuat desain kartu nama yang baik memang harus dipikirkan secara matang, setiap elemen yang akan disusun dalam selembar kartu nama tersebut haruslah dapat memenuhi beberapa prinsip desain yang terdiri dari harmoni, proporsi, ritme, balance dan emhpasis.

Membuat Desain Kartu Nama yang Baik

Berikut kami jabarkan secara singkat tentang pronsip desain tersebut agar dalam membuat desain kartu nama bisa lebih baik.

1. Harmoni, adanya keselarasan antar elemen desain.

Harmoni merupakan keselarasan dalam penataan antara satu bagian dengan bagian lainnya dalam sebuah suatu karya. Bagian-bagian dalam kartu nama tersebut dapat berupa gambar (logo, foto) jenis huruf, warna, garis, bidang dan juga tekstur.

Desain kartu nama bisa dibilang harmoni atau tidak biasanya mudah ditemukan dalam hal penggunaan warna. Penggunaan warna yang terlalu kontras (berlawanan) akan terlihat tidak nyaman dipandang, pembacaan yang sulit, dan bahkan bisa merusak pandangan.

Adapun tips terbaik penggunaan warna dalam desain kartu nama adalah warna-warna dingin dipadukan dengan warna dingin (hijau, biru, ungu kebiruan, kuning kehijauan, dll), dan warna panas juga bisa dipadukan dengan warna panas (oranye, merah, kuning, jingga, dll). Jika terpaksanya harus menggabungkan warna panas dan dingin, hal ini bisa disiasati dengan cara memberi kontur warna hitam atau putih pada salah satu warna.

Merangkai keharmonisan dalam desain tak hanya masalah warna, penggunaan bidang-bidang dalam desain kartu nama juga harus tetap harmonis. Misalnya apabila logo berbentuk lingkaran, latar belakang grafis juga bisa menggunakan unsur-unsur lengkung maupun lingkaran.

Begitu pula dengan penggunaan jenis huruf, apabila logo dan latar belakang desain kartu nama memiliki unsur lingkaran dan lengkung, maka huruf yang digunakan juga lebih baik memiliki unsur lengkung bukan yang garis terlalu tegas.

2. Proporsi, atau kesebandingan antar elemen desain

Proporsi dalam sebuah desain sering diartikan sebagai hubungan perbandingan di setiap bagian karya. Hubungan kesebandingan ini dapat diciptakan antara elemen satu dengan elemen yang lain, elemen bidang/ruang dengan dimensi bidang/ruangnya, dan dimensi bidang/ruang itu sendiri.

Dalam desain grafis, semua elemen dapat berperan menentukan proporsi, misalnya bentuk huruf yang poporsional, tata letak yang proporsional, proporsi gambar foto, dan lain-lain. Proporsi yang tidak tepat biasanya akan terlihat aneh dan tidak nyaman dilihat.

3. Ritme, Adanya irama dalam desain kartu nama

Tak hanya dalam musik, dalam desain juga terdapat ritme atau irama. Irama ini bisa diciptakan karena adanya pengulangan pada setiap elemen desain yang ada, baik itu berupa bidang, ruang, garis, warna atau yang lainnya. Dengan adanya ritme ini sebuah desain dapat dirasakan adanya gerakan atau perpindahan dari unsur satu ke unsur lain.

Pengulangan bidang lengkung warna hijau yang mengikuti bentuk bidang kartu nama

Gerak dan pengulangan ini biasanya dapat mengajak mata mengikuti arah gerakan sehingga dapat menuju pada satu titik tertentu yang bisa menjadi pusat perhatian.

4. Balance, adanya keseimbangan antar elemen desain

Desain kartu nama yang baik memerlukan keseimbangan pada setiap unsur desain yang ada. Bentuk keseimbangan ini bisa berupa keseimbangan simetris yang terkesan formal maupun keseimbangan asimetris yang mampu menimbulkan terkesan dinamis.

Keseimbangan dapat dibentuk dengan mempertimbangkan berbagai faktor misalnya posisi setiap elemen, perpaduan antar elemen, besar kecilnya elemen, dan kehadiran lemen pada luasnya bidang. Keseimbangan dapat diciptakan dengan menempatkan dan menyusun setiap elemen yang ada sehingga bisa serasi.

5. Emphasis, Adanya penekanan di salah satu elemen

Hampir di semua desain kartu nama yang baik biasanya terdapat satu hal yang dibuat paling menonjol jika dibandingkan dengan elemen yang lain. Elemen yang menonjol ini bisa berupa logo perusahaan, foto, atau elemen apapun sehingga mudah dilihat dan dikenal.

Tujuan dari pemberian penekanan ini adalah untuk mengarahkan pandangan pada titik yang ditonjolkan. Untuk menciptakan emphasis ini biasanya dapat dicapai dengan memberi ukuran yang berbeda (bisa lebih besar), bentuk yang unik, dan juga dengan irama.

Secara umum, dalam membuat desain kartu nama antara elemen satu dengan lainnya dibuat prioritas yang berbeda, sehingga tidak semua elemen harus menonjol. Misalnya, prioritas utama nama usaha dan gambar logo, prioritas kedua nama orang, prioritas ketiga alamat, dan seterusnya. Memberikan penekanan pada salah satu elemen desain kartu nama ini dimaksudkan agar setiap elemen tidak memiliki kekuatan yang sama, sehingga informasi yang disampaikan jelas.

Membuat Desain Kartu Nama yang Baik

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Tempat Pembuatan Paper Bag Paling Murah
18 September 2015

Tempat Pembuatan Paper Bag Homemade Tempat Pembuatan Paper Bag – Tulisan ini saya buat terinspirasi dari salah satu teman saya... selengkapnya

7 BISNIS MINUMAN KEMASAN BERI UNTUNG BERLIPAT-LIPAT
21 March 2018

Bisnis Minuman Kemasan Untung Berlipa-lipat Bisnis Minuman Kemasan – Minuman merupakan kebutuhan pokok semua orang. Jika sesuatu telah menjadi kebutuhan... selengkapnya

Jenis Kertas untuk Kemasan
29 November 2017

Jenis Kertas untuk Kemasan yang Sering Digunakan Jenis Kertas untuk Kemasan – Pernah tidak mengalami ketika akan mencetak kemasan namun... selengkapnya

Jenis Kertas untuk Paper Flower
15 December 2017

Jenis Kertas untuk Paper Flower Jenis Kertas untuk Paper Flower – Paper Flower merupakan alternatif dekorasi yang sangat menarik untuk... selengkapnya

Cari Percetakan yang Jual Art Paper Bag Cartoon dan Kraft
14 December 2016

Jual Art Paper Bag Cartoon Custom Design Jual Art Paper Bag Cartoon cetak logo atau juga polos tanpa cetakan. Selama... selengkapnya

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat untuk Branding
23 October 2017

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat Untuk Branding Paper bag promosi merupakan salah satu jenis tas atau kantong yang digunakan untuk... selengkapnya

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun
16 January 2018

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun Cetak kalender bisa menjadi pilihan menarik sebagai usaha sampingan yang dilakukan disela-sela pekerjaan utama.... selengkapnya

Mesin Percetakan Paper Bag
4 September 2015

Mesin Percetakan Paper Bag Berteknologi Tinggi Mesin Percetakan Paper Bag – Setiap proses produksi paper bag yang kami buat akan... selengkapnya

Tempat Bikin Paper Bag
20 September 2015

Tempat Bikin Paper Bag murah Tempat Bikin Paper Bag – Paper bag bisa dibikin dengan menggunakan bahan kertas kraft, baik... selengkapnya

Kenapa Harus Paper Bag ???
21 September 2015

Alasan Kenapa Harus Paper Bag ??? Kenapa Harus Paper Bag – Bumi yang menjadi tempat tinggal kita ini umurnya sudah... selengkapnya

Membuat Desain Kartu Nama yang Baik