JUALPAPERBAG.COM Solusi Kemasan Ramah Lingkungan

Beranda » Blog » Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card

Diposting pada 20 February 2018 oleh Hariyanto / Dilihat: 63 kali

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card

Bikin ID Card bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Selain karena harga alat dan bahan yang tidak terlalu mahal. Konsumen pengguna ID Card juga cukup banyak. Konsumen ini misalnya dinstansi pendidikan, perusahaan, organisasi, komunitas, dan atau kelompok masyarakat lainnya.

Peralatan yang digunakan untuk membuat ID Card tidaklah terlalu banyak, bahan yang digunakan pun juga bisa dari kertas yang bisa dibeli di toko kertas, atau pun dengan bahan PVC yang bisa dibeli dalam bentuk lembaran dan bisa juga dibeli dalam bentuk ID Card Instant.

Bikin ID Card

Beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat ID Card diantaranya adalah :

1. Kamera

Kamera menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menciptakan image gambar berupa foto yang akan dicetak dalam ID Card. Ada banyak jenis dan merek kamera yang bisa digunakan, dari kamera pocket hingga kamera DSLR yang memiliki resolusi tinggi.

Adapun kamera yang baik digunakan untuk membuat foto ID Card adalah kamera digital jenis DSLR (digital single lens reflex), yakni kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Kelebihan dari kamera DLSR ini selain hasil gambarnya yang bagus, kamera jenis ini juga mampu menyimpan file foto dalam bentuk digital.

Agar gambar yang dihasilkan dari pemotretan bisa maksimal, maka membutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti lampu flash/blitz, tripot, dan background yang digunakan sebagai latar belakan obyek yang akan dipotret.  Biasanya background yang dibutuhkan adalah warna biru, warna merah dan bisa juga ditambah dengan background gradasi warna-warni.

2. Komputer

Satu set komputer dibutuhkan untuk membuat desain dan mencetak ID Card. Beberapa software yang digunakan untuk proses ini adalah software desain berbasis vektor seperti Corel Draw atau bisa juga menggunakan Adobe Ilustrator. Sedangkan untuk mengolah image foto bisa menggunakan Adobe Photoshop. Image foto yang dihasilkan dari kamera DSLR masih perlu diolah agar hasilnya bisa maksimal. Setidaknya dengan bantuan komputer foto bisa di-resize sesuai ukuran ID Card yang dibutuhkan.

3. Printer ID Card

Untuk mencetak desain yang telah dihasilkan komputer maka dibutuhkan printer yang bisa digunakan untuk mencetak bahan PVC. Printer ini bisa berupa printer khusus ID Dard maupun printer digital lainnya. Adapun beberapa merek printer untuk mencetak kartu ini misalnya merek Fargo, Zebra, Datacard, Evolis, Nisca, HiTi, Pointman dan lain-lain.

Sebenarnya semua Printer InkJet bisa dipakai untuk mencetak ID Card, hanya saja untuk menghasilkan cetakan yang bagus perlu dipilih printer yang hasil cetaknya tajam. Tingkat kualitas gambar hasil printer biasanya dinyatakan dalam dots per inchatau DPI. Semakin tinggi angka resolusi DPI, semakin baik gambar yang akan tercetak.

4. Mesin Laminasi

Mesin laminasi merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk melekatkan bahan PVC yang dicetak agar dapat menempel dengan kuat. Ukuran mesin laminasi sendiri secara umum terdiri dari 3 ukuran, yakni ukuran kecil untuk melaminasi ID Card atau KTP, ukuran sedang sebesar kertas A3, serta ukuran besar yang dapat melaminasi kertas yang besarnya hingga 450 cm. Untuk kebutuhan laminasi ID Card Anda bisa menggunakan ukuran mesin laminasi kecil atau pun yang sedang.

Dari setiap mesin laminasi memiliki dua pilihan sistem pemanas, yaitu system Hot Shoe (Tube) yang memiliki kelebihan pemanasannya lebih cepat dan yang kedua sistem Mica Heating yang proses pemanasannya lebih stabil.

5. Mesin Plong/ ID Card Punch Machine

ID Card Punch Machine atau yang lebih dikenal dengan alat plong ini memiliki desain untuk pengoperasian yang mudah dan dan dapat dikerjakan secara manual karena tidak membutuhkan listrik.

Alat ini memiliki ukuran potong 54 x 86 dan digunakan untuk memotong hasil cetakan ID Card dengan hasil potongan yang bersih dan rapi.

6. ID Card Hole Maker

ID Card Hole Maker merupakan alat berbentuk seperti Tang yang berfungsi untuk membuat lubang pada ID Card. Pada umumnya tang jenis ini yang beredar di pasaran memiliki dua bentuk lubang yang dihasilkan, yakni bentuk oval dan bentuk lingkaran.

Untuk tang yang menghasilkan lubang bentuk oval memiliki ukuran lubang 3mm x 13 mm. Sedangkan lubang yang berbentuk lingkaran pada ID Card memiliki beberapa pilihan diameter yaitu 3mm, 4mm, dan 5mm.

7. Bahan PVC ID Card

Bahan baku untuk membuat ID Card yang paling umum digunakan adalah bahan PVC. Bahan ini banyak beredar di pasaran dalam 3 warna yakni putih polos, warna silver dan warna gold.

Bahan PVC terdiri dari tiga lapis, yakni 2 bahan transparan yang memiliki ketebalan sekitar 0,15 mm digunakan sebagai media untuk dicetak, dan 1 bahan PVC tebal (0,46 mm) yang digunakan sebagai tempat untuk menempelkan kedua bahan transparan tersebut.

Adapun ukuran bahan PVC yang dijual bisa berbentuk lembaran besar (20×30 cm) ataupun dapat dipilih bahan PVC Instant dengan ukuran 54mm x 86mm. Masing-masing ukuran ini biasanya dijual dalam jumlah 50 set/pak.

8. Tempat Identity Document Card

ID Card dari bahan PVC selain dapat dilubangi langsung, juga tersedia tempat ID Card yang dapat diberi tali gantungan. Ada beragam warna dan bahan dasar yang tersedia di pasaran, mulai dari bahan plastik, kain, kulit atau bahan sintetis lainnya.

9. Tali Identity Document Card

Tali ID Card berfungsi untuk gantungan yang biasa dipakai dengan cara dikalungkan di leher. Selain dalam bentuk tali gantungan ada juga tali yang dikaitkan dengan Yoyo ID Card yang bisa dipakai pada saku baju.

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Jenis Kertas Pembuatan Tas Kertas
29 November 2017

Jenis Kertas Pembuatan Tas Kertas Jenis Kertas Pembuatan Tas Kertas – Tas merupakan salah satu benda yang sering dimanfaatkan setiap orang untuk... selengkapnya

8 Kegunaan Kertas Duplex
15 December 2017

8 Kegunaan Kertas Duplex Kegunaan Kertas Duplex – Kertas duplex ini adalah salah satu jenis karton. Kertas duplex punya karakteristik... selengkapnya

Jenis Kertas untuk Kemasan
29 November 2017

Jenis Kertas untuk Kemasan yang Sering Digunakan Jenis Kertas untuk Kemasan – Pernah tidak mengalami ketika akan mencetak kemasan namun... selengkapnya

7 Jenis Kertas Foto Kualitas Terbaik
15 December 2017

7 Jenis Kertas Foto Kualitas Terbaik Kertas Foto Kualitas Terbaik – Bagi Anda yang gemar fotografi, tentu mengetahui jenis kertas... selengkapnya

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card
20 February 2018

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card Bikin ID Card bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan.... selengkapnya

Ukuran Kertas Standar Percetakan
16 January 2018

Standar Ukuran Kertas untuk Percetakan Ukuran Kertas Standar Percetakan – Mengetahui ukuran kertas standar internasional yang digunakan untuk percetakan merupakan... selengkapnya

Mengenal Cetak Offset
20 February 2018

Mengenal Cetak Offset Mengenal Cetak Offset – Offset printing merupakan salah satu jenis percetakan yang biasa digunakan dalam bisnis percetakan... selengkapnya

Bikin Paperbag Dimana Ya, . ???
5 October 2015

Bikin Paperbag Dimana Ya, . ??? Bikin Paperbag Dimana Ya, . ??? Munkin itulah pertanyaan anda yang muncul ketika anda... selengkapnya

Kenapa Harus Paper Bag ???
21 September 2015

Alasan Kenapa Harus Paper Bag ??? Kenapa Harus Paper Bag – Bumi yang menjadi tempat tinggal kita ini umurnya sudah... selengkapnya

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat untuk Branding
23 October 2017

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat Untuk Branding Paper bag promosi merupakan salah satu jenis tas atau kantong yang digunakan untuk... selengkapnya

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card