JUALPAPERBAG.COM Solusi Kemasan Ramah Lingkungan

Beranda » Blog » Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula

Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula

Diposting pada 21 March 2018 oleh Hariyanto / Dilihat: 67 kali

Peluang Bisnis Percetakan Modal Laptop

Peluang Usaha Percetakan – Percetakan adalah salah satu usaha yang sangat subur di Indonesia, dimana-mana anda bisa melihat hasil percetakan. Entah itu brosur, MMT, kotak makanan, dan lain sebagainya.

Sebagai pengusaha percetakan, tentu anda tidak boleh melewati kesempatan emas ini. Peluang usaha percetakan bisa anda mulai dengan modal laptop, atau modal pinjem laptop teman.

Ada berberapa usaha percetakan yang bisa dimulai hampir tanpa modal yang banyak, mungkin anda hanya perlu modal laptop / komputer, keahlian menggunakan komputer, dan sedikit uang bensin.

 

Peluang usaha tanpa modal ini bisa saya samakan dengan BROKER atau makelar. Eitss, tapi bukan makelar seutuhnya, karena teman-teman tetep harus punya keahlian minimal desain grafis atau layouting agar tidak di cap makelar percetakan seutuhnya.

Sebagai contoh, anda bisa menawarkan jasa cetak MMT / Banner dengan bonus layanan desain gratis.

Tanpa modal bukan berarti tanpa kelebihan, justru ada kelebihan yang anda miliki jika memulai usaha percetakan yang tanpa modal mesin. Baca terus artikel ini sampai selesai.

Langkah Bisnis Per-Cetakan Tanpa Modal

Ada banyak cara untuk memulai sebuah usaha, entah itu promosi dulu, atau mencari produknya dahulu. Anda bisa bebas untuk memilih cara mana yang akan anda gunakan.

Tapi untuk dunia percetakan, paling tidak anda sudah tau dimana vendor atau tempat percetakan murah di kota anda, karena dengan menemukan tempat percetakan yang murah, anda bisa terpacu semangat nya untuk mencari calon kustomer anda.

Maka, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah:

1. Cari Vendor Percetakan yang paling Murah di sekitar

Pertama yang anda butuhkan adalah tempat percetakan sekitar anda yang memiliki harga murah. Mulai sekarang anda harus bisa lebih dekat dengan pemilik-pemilik percetakan sekitar atau di kota anda.

Modal awal yang harus dimiliki dalam bisnis percetakan adalah Jaringan, anda harus bisa membangun jaringan sekaligus belajar lebih dalam tentang dunia percetakan.

Didunia yang sudah moderen ini, dengan teknologi yang ada sekarang, mencari rekan bisnis percetakan yang murah bukanlah hal yang susah. Mungkin yang paling dikenal saat ini adalah facebook. Saya sendiri sering mendapati vendor yang harganya jauh dibawah harga pasaran.

Contoh, di kota saya (semarang) saya mendapati harga cetak MMT Rp. 9.500 permeter. Gila KAN ? Padahal kalau anda cari di pinggir jalan, harga permeter nya bisa Rp. 15.000 (dikota saya). Ini sudah menjadi peluang buat anda yang modalnya pas-pas an.

Jasa vendor printing selain cetak MMT adalah cetak laser A3 warna, mulai sekarang cari jasa percetakan laser A3 termurah di kota anda.

Percetakan Laser A3 warna salah satu percetakan digital printing yang populer tapi jarang diketahui banyak orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa cetak laser adalah solusi buat anda yang ingin mencetak dengan harga murah.

Cetak Laser biasanya menggunakan mesin seperti Konica Minolta, Canon, dan lain sebagainya.

Cetak laser A3 warna banyak sekali fungsinya, selain untuk mencetak dokumen, anda bisa menggunakan nya untuk mencetak stiker, sertifikat, brosur, poster, dan lain-lain.

Tentunya Print Laser lebih murah dari printer Inkjet (seperti Canon atau Epson). Jika ongkos cetak full warna printer biasa di sekikar anda adalah Rp. 2.500 rupiah perlembar, maka dengan cetak laser, anda bisa mendapatkan harga perlembar Rp. 1.500 atau lebih murah.

Mulai sekarang, ambil handphone anda dan mulai mencari rekan bisnis percetakan anda, yang perlu anda cari:

  • Tempat percetakan MMT Termurah
  • Tempat cetak A3 laser Termurah
  • Tempat cetak offset Termurah

Selain termurah, kalau bisa anda menemukan tempat cetak tanpa minimum order.

Bagaimana mencari tempat cetak tanpa minum order?

Mungkin ini sedikit membutuhkan waktu dan usaha, karena jarang sekali percetakan yang menerima order kecil dengan harga grosir / murah. Tapi namanya usaha, semua itu bisa saja dilakukan. Anda bisa mencari pecetakan tanpa minimum order dengan membangun jaringan pertemanan dengan percetakan sekitar anda.

Dalam membangun jaringan pertemanan, mungkin anda bisa menawarkan mereka jasa promosi.

2. List Peluang Percetakan Tanpa Modal

Percetakan tanpa modal memang tidak memiliki banyak pilihan, tetapi dari usaha tanpa modal untungnya bisa sama dengan yang bermodal. Bingungkan? anda bisa lihat list peluang yang saya tulis dibawah.

List dibawah ini adalah list peluang percetakan yang minim modal, anda hanya perlu modal laptop / komputer. Dengan list ini anda bisa mengembangkan percetaan anda menjadi lebih baik lagi.

Dengan list ini, anda bisa jadikan patokan investasi usaha percetakan anda selanjutnya. Jika anda mendapatkan banyak orderan cetak brosur atau sertifikat, kedepan anda bisa membeli printer sendiri. Printer adalah mesin wajib untuk usaha percetakan.

  • Jasa Ketik dan Layouting
    Mungkin yang paling dasar adalah jasa ketik dokumen atau layouting sebuah dokumen, anda bisa menggunakan program dasar seperti Ms. Word. Untuk layouting bisa menggunakan program Adobe InDesign.
  • Desain Grafis
    Percetakan tidak lepas dari peran seorang desainer grafis, karena segala yang ingin dicetak pasti melewati proses desain. Desain grafis bisa menjadi layanan yang menguntungkan buat anda, karena tidak semua orang memiliki keahlian desain grafis.Ketika anda ingin membuka percetakan tanpa modal, paling tidak anda memiliki skill desain grafis untuk mempercepat gerak bisnis percetakan anda.Layanan seperti desain gratis dan konsultasi merupakan nilai plus buat calon kustomer anda. Contohya: anda menawarkan cetak MMT, karena anda tidak memiliki mesin, maka paling tidak anda memberikan layanan desain gratis buat kustomer anda.
  • Cetak Brosur dan stiker
    Untuk cetak brosur atau stiker dengan skala kecil bisa memanfaatkan percetakan laser A3. Jika skala besar, anda bisa mencari percetakan offset daerah anda.
  • Cetak MMT
    Layanan cetak MMT menjadi layanan wajib buat percetakan anda. Karena MMT dibutuhkan siapa saja dan dimana saja, anda bisa menambahkan layanan desain untuk peluang usaha ini.
  • Jasa Cetak Undangan
    Anda bisa mencari percetakan undangan sekitar anda, biasanya mereka memberikan katalog undangan pernikahan secara cuma-cuma. Nah, jika anda mendapatkan katalog undangan nya, anda sudah bisa memasarkan jasa cetak Undangan anda.

Tanpa Modal Harus Terlihat Ber-MODAL

Banyak cara untuk anda agar terlihat memiliki modal. Modal bukan hanya tentang uang, tetapi tentang skill atau keahlian anda. Keunggulan anda sekarang adalah anda bisa menjadi lebih dekat dengan kustomer, anda tidak perlu memikirkan mesin cetak yang mahal dan biaya servis yang tinggi.

Sekarang anda hanya fokus untuk memberikan pelayanan terbaik untuk kustomer, entah itu layanan desain atau kualitas produksi, atau bahkan keduanya.

Lebih dekat dengan kustomer adalah Kelebihan Anda.

Satu pesan penulis khusus nya buat saya sendiri adalah “Kerjakan usaha kecil anda untuk membangun usaha yang lebih besar”. Mungkin saat ini anda hanya menerima orderan sekecil cicak, tapi satu atau dua tahun lagi anda bisa mendapatkan orderan sebesar kadal, biawak, atau bahkan BUAYA.

Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Merintis Usaha Rumahan Cetak Sablon
16 January 2018

Merintis Usaha Rumahan Cetak Sablon Cetak Sablon – Merintis usaha rumahan cetak sablon hingga saat ini masih memiliki peluang yang... selengkapnya

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat untuk Branding
23 October 2017

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat Untuk Branding Paper bag promosi merupakan salah satu jenis tas atau kantong yang digunakan untuk... selengkapnya

Tempat Bikin Paper Bag
20 September 2015

Tempat Bikin Paper Bag murah Tempat Bikin Paper Bag – Paper bag bisa dibikin dengan menggunakan bahan kertas kraft, baik... selengkapnya

Promosi Murah dengan Tas Kertas / Paper Bag
7 November 2017

Promosi Murah dengan Tas Kertas / Paper Bag Promosi Murah dengan Tas Kertas – Apakah Anda pernah mendatangi sebuah toko,... selengkapnya

3 Macam-macam Kertas Karton
15 December 2017

Macam-macam Kertas Karton Macam-macam Kertas Karton– Untuk Anda yang sering berhubungan dengan dunia percetakan pasti tidak asing dengan kertas yang... selengkapnya

Cetak Kop Surat, Ini Fungsinya Bagi Usaha
20 February 2018

Cetak Kop Surat, Ini Fungsinya Bagi Usaha Cetak Kop Surat atau yang sering disebut dengan kepala surat merupakan identitas usaha... selengkapnya

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun
16 January 2018

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun Cetak kalender bisa menjadi pilihan menarik sebagai usaha sampingan yang dilakukan disela-sela pekerjaan utama.... selengkapnya

Cari Percetakan yang Jual Art Paper Bag Cartoon dan Kraft
14 December 2016

Jual Art Paper Bag Cartoon Custom Design Jual Art Paper Bag Cartoon cetak logo atau juga polos tanpa cetakan. Selama... selengkapnya

Kenapa Harus Paper Bag ???
21 September 2015

Alasan Kenapa Harus Paper Bag ??? Kenapa Harus Paper Bag – Bumi yang menjadi tempat tinggal kita ini umurnya sudah... selengkapnya

Tas Kerajinan dari Kertas
28 November 2016

Tas Kerajinan dari Kertas Tas kerajinan dari kertas selain ramah lingkungan, praktis, juga dapat meningkatkan prestis usaha Anda. Anda dapat... selengkapnya

Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula