JUALPAPERBAG.COM Solusi Kemasan Ramah Lingkungan

Beranda » Blog » Printer Infus Lebih Awet dan Tahan Lama Dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS

Printer Infus Lebih Awet dan Tahan Lama Dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS

Diposting pada 21 March 2018 oleh Hariyanto / Dilihat: 82 kali

Printer Infus Lebih Awet dan Tahan Lama Dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS

Printer Infus Lebih Awet – Artikel yang saya tulis ini juga memuat tips mengatasi selang infus printer yang masuk angin. Awet tidaknya printer infus dipengaruhi lancarnya distribusi tinta.

Banyak istilah untuk menyebut perangkat tambahan ini, misalnya ink stabilizer, dumper, damper tinta, dll. Tapi saya sering menyebutnya dumper tinta, Namun juga sering menyebut Ink Stabilizer.

Tidak banyak pengusaha percetakan yang tahu tentang dumper tinta ini, jika anda pengusaha percetakan pemula, maka anda harus mencoba ink dumper ini. Dengan banyak kelebihannya, tidak ada salahnya anda mencobanya bukan? Lagian harganya juga tidak mahal..

Gunakan ink Dumper / Ink stabilizer ini jika ingin catridge anda awet. Manfaatnya adalah untuk menstabilkan aliran tinta agar tidak boros dan tidak terlalu banyak atau sedikit. Sehingga catridge anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Ink Stablizier / Dumper Ink adalah sistem tinta satu arah (one way system), awal mula dumper dipergunakan untuk printer HP yg mau di infus, karena printer hp tidak memakai mekanik cleaning (asf) maka digunakanlah alat ini agar tintanya bisa tersedot dengan stabil.

Ink stabilizer biasanya digunakan jika anda membeli catridge baru, karena jika anda menggunakan catridge yang sudah rusak, ya saya rasa percuma saja menggunakan ink stabilizer ini, karena catridge anda sudah rusak duluan.

Gejala yang sering dialami printer selang infus masuk angin, dan ini adalah penampakan selang infus tinta yang masuk angin alias distribusi tinta terhambat. Biasanya ini terjadi di printer canon, karena memang canon tidak dibuat untuk selang infus.

Maka tepat sekali jika anda menggunakan stabilizer / dumper ink ini, selain membuat catridge awet juga membuat pengeluaran anda efisien.

Ink dumper tidak akan selamanya berjalan, perlu diganti yang baru juga jika sudah terlalu lama, karena ink dumper ini juga bisa berkarat dibagian dalamnya karena selalu terkena tinta printer.

Untuk printer apa Ink Stabilizer / Dumper ini ?

Semua printer inkjet bisa menggunakan Stabilizer ini, tetapi untuk percetakan biasanya digunakan untuk printer canon yang di modifikasi dengan infus. Printer canon memang tidak dirancang dengan infus, maka sangat cocok menggunakan ink stabilizer ini. Ink Stabilizer paling banyak digunakan untuk printer Canon IP2770 (Layaknya avansa dan xenia, printer ini disebut printer sejuta umat).

Demikian pula printer HP yang di modifikasi dengan infus, sangat direkomendasikan menggunakan ink stabilizer ini.

Sedangkan untuk printer epson, penggunaan ink stabilizer tidak terlalu dibutuhkan. Karena printer epson sudah di rancang menggunakan infus. Lagi pula, di bagian catrdige printer epson sudah ada ink stabilizer / dumper tinta ini.

Anda bisa membeli nya di toko komputer atau aksesoris komputer, Ink stabilizer dipasaran berkisar antara 40 – 90 ribu rupiah untuk empat warna tinta. Harga tergantung kondisi daerah anda ya, karena saya mengecek harga pasaran di internet.

Dengan harga 40 – 90 ribu saya rasa tidak memberatkan anda untuk menggunakan dumper / stabilizer tinta ini. Sebanding dengan efek positif yang akan anda dapatkan.

Cara Memasang Ink Stabilizer / Dumper

Untuk memasang ink stabilizer / dumper ini tidak terlalu susah-susah banget, intinya anda hanya memasang ink stabilizer di selang infus agar aliran dari tabung ke catridge menjadi lancar.

Simak langkah-langkah memasang ink stabilizer ini dengan seksama:

  • Sebaiknya menggunakan sarung tangan, karena pekerja yang profesional selalu bermain dengan bersih, selain itu juga bisa gak kotor tangannya. Tinta printer susah dihilangkan dengan air biasa.
  • Sebaiknya tabung tinta dalam kondisi belum terisi / terisi sedikit, namun jika memang sudah terisi penuh, anda bisa menguras nya sedikit biar tidak tumpah. Tetapi jika anda enggan, ya anda bisa langsung pasang dengan tinta penuh, konsekuensinya tangan anda akan dipenuhi tinta yang tumpah.
  • Menutup tabung infus printer, karena dengan menutup tutup tabung infus dapat sedikit menghambat keluarnya tinta. Jadi menghindari tinta tumpah ke lantai.
  • Ikuti arah panah pada ink stabilizer agar tidak terbalik, di stabilizer ada arah panah yang menunjukan in dan out selang infus, jadi anda harus memasangnya sesuai dengan arah panah ink stabilizernya. Jika anda memasangnya tebalik, maka selang infus justru tidak akan mengalir.
  • Potong selang infus secukupnya agar bisa dipasang ink stabilizer, langkah awal ini anda harus memotong selang infus secukupnya (bisa di tengah-tengah). Fungsi memotong selang ini adalah untuk memasang ink stablizer (sebagai penghubung). Ink stabilizer juga sebaiknya ditempelkan di samping tabung infus, dengan melekatkannya dengan isolasi.
  • Sambungkan infus dengan ink stabilizer, sambungkan selang yang telah di potong dengan ink stabilizer sesuai dengan arah panah pada ink stabilizer. Sambungkan semua selang sesuai dengan warnanya, jangan sampai salah memasang selang. Karena jika salah bisa membuat catridge rusak.
  • Sedot infus dengan alat sedot yang dibuat dari suntikan yang diberi selang pada bagian ujungnya. Kemudian sedot selang sampai ink stabilizer teraliri. Alat sedot bisa anda bersihkan kembali dengan air agar bisa digunakan lagi.
  • Pasang kembali selang infus ke catridge sesuai dengan warna masing-masing.
  • Selamat, catridge printer anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Mungkin sekian artikel bagaimana membuat printer infus menjadi lebih awet dengan ink stabilizer / dumper ini. Dengan memasang ink stabilizer, saya jamin catridge anda akan menjadi lebih awet karena aliran tinta menjadi stabil dan tidak boros.

Jika sebelumnya catridge anda hanya mampu mencetak 1000 lembar saja (kemudian harus head cleaning), maka dengan ink stabilizer ini bisa menambah keawetan catridge hingga 1500 lembar (tanpa head cleaning). Dan ink stabilizer ini sangat saya rekomendasikan untuk printer canon dan HP.

Printer Infus Lebih Awet dan Tahan Lama Dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Apa Itu Paper Bag ?
7 November 2017

Apa Itu Paper Bag ? Apa itu paper bag? Mungkin diantara anda ada yang bertanya, apa itu yang disebut paper bag... selengkapnya

Sejarah Percetakan Yang Harus Anda Ketahui
7 November 2017

Sejarah Percetakan Yang Harus Anda Ketahui Sejarah Percetakan – Berikut informasi mengenai sejarah percetakan yang perlu Anda ketahui. Sebenarnya percetakan... selengkapnya

Promosi Murah dengan Tas Kertas / Paper Bag
7 November 2017

Promosi Murah dengan Tas Kertas / Paper Bag Promosi Murah dengan Tas Kertas – Apakah Anda pernah mendatangi sebuah toko,... selengkapnya

Tempat Pembuatan Paper Bag Paling Murah
18 September 2015

Tempat Pembuatan Paper Bag Homemade Tempat Pembuatan Paper Bag – Tulisan ini saya buat terinspirasi dari salah satu teman saya... selengkapnya

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat untuk Branding
23 October 2017

Paper Bag Promosi Pilihan Tepat Untuk Branding Paper bag promosi merupakan salah satu jenis tas atau kantong yang digunakan untuk... selengkapnya

Peluang dan Tantangan Usaha Digital Printing
20 February 2018

Peluang dan Tantangan Usaha Digital Printing Usaha Digital Printing – Semakin banyak orang yang memutuskan untuk berwirausaha maka akan semakin... selengkapnya

15 Cara Membuat Paper Bag Sendiri Dari Kertas Kado, Unik, Lucu
29 November 2017

Cara Membuat Paper Bag Sendiri Cara membuat Paper bag- Paper bag, sering juga disebut dengan tas kertas, paper bag atau tas... selengkapnya

Toko Paper Bag Online
4 September 2015

Toko Paper Bag Online Murah Toko Paper Bag Online kini bisa banyak anda temukan melalui mesin pencari di internet seperti... selengkapnya

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card
20 February 2018

Ini Alat Dan Bahan Untuk Bikin ID Card Bikin ID Card bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan.... selengkapnya

Ukuran Kertas Standar Percetakan
16 January 2018

Standar Ukuran Kertas untuk Percetakan Ukuran Kertas Standar Percetakan – Mengetahui ukuran kertas standar internasional yang digunakan untuk percetakan merupakan... selengkapnya

Printer Infus Lebih Awet dan Tahan Lama Dengan Ink Stabilizer atau Dumper CISS