JUALPAPERBAG.COM Solusi Kemasan Ramah Lingkungan

Beranda » Blog » Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun

Diposting pada 16 January 2018 oleh Hariyanto / Dilihat: 59 kali

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun

Cetak kalender bisa menjadi pilihan menarik sebagai usaha sampingan yang dilakukan disela-sela pekerjaan utama. Selain caranya juga mudah, bisnis yang bisa dilakukan tiap akhir tahun ini juga memiliki keuntungan yang menggiurkan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan finansial selain dari gaji pokok yang sudah diterima.

Hingga saat ini kalender dalam bentuk cetak masih banyak dibutuhkan meski kalender digital telah ada disetiap komputer, laptop ataupun handphone. Menjalankan usaha sampingan membuat kalender bisa dilakukan dengan menembak pasar perkantoran, instansi pemerintah, sekolah, bahkan perusahaan. Peluang masih cukup besar karena banyak instansi maupun perusahaan yang memanfaatkan kalender cetak sebagai salah satu media promosi mereka, dengan hanya mencetak sekali, para pengusaha bisa berpromosi selama setahun. Selain sebagai media promosi kalender saat ini juga sudah menjadi satu bagian dari kebutuhan Alat Tulis Kantor.

Cetak Kalender

Ada banyak bentuk kalender yang bisa ditawarkan kepada calon konsumen jika Anda serius ingin menekuni usaha sampingan ini. Secara umum kalender yang biasa dibuat untuk instansi adalah kalender dinding, kalender meja, kalender stiker dan kalender timing. Dari masing-masing kalender tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pemesan, bisa kalender tahunan (satu lember berisi 12 bulan), semesteran (satu lembar berisi 6 bulan), kalender caturwulan (satu lembar berisi 4 bulan), kalender triwulan (satu lembar berisi 3 bulan), kalender dua bulanan (satu lembar berisi 2 bulan) dan kalender bulanan dimana setiap satu lembar berisi satu bulan.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memulai usaha sampingan cetak kalender ini adalah:

1. Menentukan target pasar yang akan dituju

Menjalankan usaha sampingan cetak kalender bisa dimulai dengan menentukan target pasar yang akan dituju. Ada banyak sekali calon konsumen potensial yang bisa “ditembak” di setiap wilayah, misalnya lembaga pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, SMP, SMU dan SMK, lembaga kursus, hingga Sekolah Tinggi dan Universitas.

Selain instansi pendidikan, target konsumen untuk usaha sampingan ini bisa berupa instansi pemerintah, mulai dari pemerintah tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, dan juga provinsi. Disetiap instansi pemerintah ini juga bisa melakukan penawaran di masing-masing dinas dan lembaga pemerintah yang ada.

Menentukan target market untuk pembuatan kalender bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa ditentukan berdasarkan letak geografis, segmen ekonominya, dan lain sebagainya. Beberapa cara untuk melakukan segmentasi pasar dan menentukan target market telah dibahas dalam artikel sebelumnya

2. Mencari desainer grafis

Setelah target pasar yang dituju telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencari desainer grafis yang bisa membantu untuk mengatur layout kalender yang akan dibuat. Desainer grafis ini bisa ditemukan di biro-biro advertising, penyedia jasa percetakan, mereka yang mendirikan usaha desain, biro desain online, mahasiswa desain, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak pilihan desainer, mintalah beberapa contoh karya yang pernah mereka buat sekaligus informasi harga desain yang mereka kerjakan.

Jika sudah menemukan desainer ini, ada baiknya Anda membuat beberapa contoh desain kalender yang bisa diaplikasikan untuk kalender meja, kalender dinding ataupun bentuk lainnya. Dengan memiliki sample kalender, Anda akan lebih mudah untuk melakukan penawaran ke berbagai instansi ataupun perusahaan yang dituju.

3. Mencari toko kertas

Untuk memulai usaha sampingan cetak kalender ada baiknya Anda sudah bisa menemukan toko kertas yang khusus menjual kertas-kertas untuk kebutuhan cetak. Toko kertas ini biasanya akan menjual berbagaimacam kertas kosong dengan berbagai ukuran,mulai dari ukuran Plano, hingga ukuran A4, bahkan ukuran kartu nama.

Ada banyak jenis kertas yang bisa digunakan untuk kalender, pada umumnya kertas yang digunakan untuk kalender adalah jenis kertas Art paper dengan berbagai macam ukuran gramasinya. Semakin tinggi gramasi suatu kertas biasanya akan semakin tebal pula. Pentingnya mengetahui berbagai macam jenis kertas ini adalah jika suatu saat pihak konsumen meminta bahan kertas yang diluar kebiasaan yang ada.

Dari toko kertas ini buatlah daftar harga dari masing-masing jenis kertas, harga tiap ukuran dan gramasinya, serta berbagai potongan harga jika melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak. Jangan lupa untuk meminta/membeli contoh kertas dari berbagai macam jenis dan gramasinya, tidak harus kertas berukuran besar, cukup ukuran A5 sudah bisa dijadikan sebagai sample untuk para calon klien.

4. Mencari percetakan

Ada banyak jenis mesin cetak yang bisa digunakan untuk mencetak kalender, oleh karena itu carilah percetakan yang dapat dijadikan partner dalam menjalankan usaha sampingan ini. Untuk bisa mencetak kalender pilihlah mesin percetakan yang mampu mencetak kertas ukuran minimal A3, karena kebanyakan kalender dicetak dengan ukuran A3+ bahkan ada yang membuat dengan ukuran A2.

Beberapa informasi yang diperlukan dari masing-masing percetakan diantaranya adalah tentang harga cetakan per 5oo lembar (/rim), contoh kualitas cetaknya, minimal order, minimal ukuran kertas yang bisa dicetak, jenis kertas yang bisa dicetak, lamanya proses cetak, dan juga finishing cetak.

Selain harga cetak, perlu diketahui juga berapa harga untuk membuat film/plat untuk cetak apabila memesan langsung pada percetakan tersebut. Film/plat ini adalah lembaran yang biasanya terbuat dari kertas ataupun alumunium untuk memindahkan cat ke permukaan kertas.

5. Mengajukan penawaran cetak kalender

Setelah target pasar dan berbagai sumber daya telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengajukan penawaran pembuatan kalender kepada target konsumen. Dalam melakukan penawaran ini Anda bisa membuat surat penawaran dan proposal sederhana yang disertai beberapa contoh desain kalender.

Selain bisa dilakukan dengan mengajukan surat penawaran secara langsung, bisa juga Anda bekerja sama dengan teman atau saudara yang menjadi “orang dalam” di perusahaan ataupun instansi tersebut. Oleh karena itu menjalin relasi dengan banyak orang menjadi sesuatu yang penting jika Anda ingin melakukan usaha sampingan.

Ajukan penawaran cetak kalender pada banyak tempat, karena semakin banyak Anda mengajukan penawaran maka akan semakin besar pula peluang untuk diterima. Jangan lupa untuk menindaklanjuti penawaran yang telah Anda ajukan.

6. Membuat desain sesuai pesanan

Setelah penawaran diajukan dan ditindaklanjuti, apabila ada yang memesan kalender maka langkah selanjutnya adalah membuat desain kalender sesuai pesanan. Biasanya pihak pemesan menginginkan logo dan foto-foto kegiatan yang ada di instansinya bisa muncul di kalender. Untuk itu mintalah gambar logo dan foto-foto tersebut dengan ukuran yang besar agar hasil cetakan bisa maksimal.

Sebelum desain kalender masuk ke mesin percetakan, usahakan untuk berkonsultasi dahulu dengan pihak pemesan. Hal ini untuk meunjukkan contoh hasil akhir dan kalau saja akan ada revisi terhaddap beberapa elemen desain yang sudah dibuat. Selain sebagai ajang untuk merevisi desain, konsultasi ini juga berguna untuk menghindari kesalahan cetak.

7. Proses cetak

Proses cetak kalender sebenarnya hampir sama dengan proses mencetak undangan pernikahan ataupun saat mencetak media promosi lainnya. Setelah desain sudah jadi maka desain tersebut akan dibuat film, kemudian menyiapkan bahan kertas, dan selanjutnya bisa dicetak ke mesin offset.

8. Finishing cetak kalender

Proses cetak kalender dinding dan kalender meja pada dasarnya sama, perbedaannya biasanya terletak pada ukuran kalender dan finishingnya. Jika mencetak kalender meja biasanya ukuran kertas bisa lebih kecil namun lebih tebal, menggunakan finishing laminasi, dan penggunaan spiral yang lebih besar.

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Promosi Murah dengan Tas Kertas / Paper Bag
7 November 2017

Promosi Murah dengan Tas Kertas / Paper Bag Promosi Murah dengan Tas Kertas – Apakah Anda pernah mendatangi sebuah toko,... selengkapnya

Jenis Kertas untuk Paper Flower
15 December 2017

Jenis Kertas untuk Paper Flower Jenis Kertas untuk Paper Flower – Paper Flower merupakan alternatif dekorasi yang sangat menarik untuk... selengkapnya

Produsen Paper Bag Custom Murah
7 January 2017

Tempat Produsen Paper Bag Custom Harga Paling Murah Produsen Paper Bag Custom – Anda sedang mencari produsen paper bag yang... selengkapnya

Kelebihan Lain dari Tas Kertas yang Fashionable
23 October 2017

Tas Kertas yang Fashionable Tas Kertas yang Fashionable – Anda tentunya sangat membutuhkan kehadiran shopping bag untuk membawa barang belanjaan yang... selengkapnya

Cari Percetakan yang Jual Art Paper Bag Cartoon dan Kraft
14 December 2016

Jual Art Paper Bag Cartoon Custom Design Jual Art Paper Bag Cartoon cetak logo atau juga polos tanpa cetakan. Selama... selengkapnya

15 Cara Membuat Paper Bag Sendiri Dari Kertas Kado, Unik, Lucu
29 November 2017

Cara Membuat Paper Bag Sendiri Cara membuat Paper bag- Paper bag, sering juga disebut dengan tas kertas, paper bag atau tas... selengkapnya

Tempat Bikin Paper Bag
20 September 2015

Tempat Bikin Paper Bag murah Tempat Bikin Paper Bag – Paper bag bisa dibikin dengan menggunakan bahan kertas kraft, baik... selengkapnya

Tas Kerajinan dari Kertas
28 November 2016

Tas Kerajinan dari Kertas Tas kerajinan dari kertas selain ramah lingkungan, praktis, juga dapat meningkatkan prestis usaha Anda. Anda dapat... selengkapnya

16 Macam Ukuran Kertas
20 February 2018

16 Macam Ukuran pada Kertas 16 Macam Ukuran Kertas –  Saat ini media sudah semakin berkembang, sehingga seakan-akan semua kebutuhan... selengkapnya

Contoh Undangan Pernikahan Unik
16 January 2018

Contoh Undangan Pernikahan Unik Contoh Undangan Pernikahan Unik – Membuat rangkaian acara pernikahan yang berkesan bisa dilakukan dengan berbagai cara,... selengkapnya

Cetak Kalender, Usaha Sampingan di Akhir Tahun